Donnerstag, 26. Mai 2016

IVF, ketika manusia hanya bisa berusaha



Pernah dengar IVF (In Vitro Fertilization), atau istilah awamnya : Bayi Tabung...?

Dulu kalau kita dengar istilah ini, sepertinya metode ini masih eksklusif sekali & kesannya gimanaa gitu... (saya membayangkan secara harafiah bayi di dalam tabung :D)

Setelah googling2, ternyata sudah banyak juga bloggers d seluruh dunia & Indonesia yg sudah berhasil melakukannya... seperti : Alodita , dan Cha yg akhirnya membuat saya tertarik juga untuk menulis & membagikannya di Blog saya ini...

Biasanya seorang wanita yg memiliki kesulitan mendapatkan buah hati akan lebih tertutup & 'sensi' tentang hal ini, apalagi kalau orang lain yg memberi tahu, "harus makan toge yg banyak..." , "Posisi bercinta harus begini, begitu..." , "Harus bercinta tiap ....hari sekali" , dan segala nasihat2 lainnya....

Tujuannya tentu baik, tapi kadang membuat kita bete & down, kalau segala upaya tsb sudah dicoba, tapi tetap saja tidak membuahkan hasil...

Jadi kalau kamu sudah berusaha segala macam & tetap saja masih belum berhasil, saran saya sudah saatnya kamu mengunjungi klinik fertilisasi, untuk cek ada apa yg gak beres.... Ingat ya, kehamilan itu bisa terjadi karena 2 pihak, Cowok dan cewek, jadi dua-duanya harus ikut cek, & gak selalu yg 'bermasalah' si pihak cewek.... Jangan sampai kamu para cewek jadi merasa gagal, atau gak sempurna, karena belum bisa hamil...

Dan kalau kamu sedang mikir2 & bertanya2 tentang metode IVF atau bayi tabung, tapi bingung mau nanya2 ke siapa atau merasa hal tsb private, yuk deh baca blog ini....



Let's start my IVF journey...

Singkat cerita saya dan suami sudah 5 tahun lebih menikah, namun saat ini belum berhasil mendapatkan keturunan. Pada awal pernikahan kami memang sengaja 'menjaga', setelah itu saya sempat dua kali hamil namun selalu gagal. Yg pertama keguguran saat usia 9 minggu, yg kedua bayi saya meninggal 2 minggu sebelum due date nya pada Maret 2015 lalu. Hal tsb merupakan pukulan yg sangat keras & menyakitkan bagi kami berdua, setelah menunggu 1 tahun, ternyata saya gak kunjung hamil lagi... Mengingat usia saya yg sudah 34 tahun, maka akhirnya kami memutuskan untuk mencoba berkonsultasi ke Klinik Fertilisasi...

1st Visit : Konsultasi di Klinik Pusat Fertilisasi Novum , di kota Essen, Jerman
Kami berkonsultasi dengan Prof. Dr.Med.Peter Bielfeld , dan saat itu diputuskan untuk saya cek darah & suami cek sperma dulu, untuk mengetahui dimana letak kelainannya, untuk menentukan terapi apa yg tepat untuk kita...

2nd Visit : Suami cek sperma... hasilnya ? Pergerakannya kurang normal, dan termasuk Astheno-Teratozoospermia , hormon saya menurut Prof normal... sayang disini gak dikasih liat angka2 pastinya, cm dikasih tahu aja kalo bagus, gak ada masalah :(

Akhirnya Prof memutuskan untuk dilakukan IVF , karena kalau IUI / Inseminasi angka keberhasilannya kurang baik untuk kondisi kami. Kita diminta untuk memikirkan dulu & diberikan form untuk persetujuan dari pihak asuransi.

Oya, untuk tindakan ini biayanya ditanggung oleh asuransi kesehatan kami 1/2nya, namun harus ada form persetujuan dari pihak Asuransi & masih ada sisa biaya yg harus kami tanggung sendiri. Menurut keterangan dari websitenya, total biaya yg harus kami tanggung kira2 1300-2000 Euro (= 20-30 juta, dengan kurs 1 Euro = 15 ribu)

Klinik juga memberikan segala form persetujuan untuk kita isi & tanda tangan... Jerman ribet dengan segala aspek legalnya... as always... :p

Buat yg ingin mengerti tentang prosedur IVF, sila baca keterangan gambar berikut ini...

Sumber : http://armcivf.com/ivf-treatment.html
3rd Visit, 6 April 2016 : Datang untuk USG rahim, cek apakah ada kelainan dsbnya... lalu diterangkan mesti ngapain aja... dikasih 1 kertas berisi catetan suntik hormon... dikasih resep untuk ambil di Apotik obat2an hormonnya...

Sebenarnya treatment IVF ini sudah bisa dimulai kalau saya mulai mens... tapi karena saya & keluarga akan liburan, jadilah diundur sampai bulan berikutnya...

4th Visit, 10 Mei 2016 : Hari pertama mens, saya diharuskan untuk menelpon klinik untuk buat janji USG untuk hari ke 9 atau 10, appointment sudah didapat, tgl 19 Mei 2016

Ambil di Apotik terdekat, obat-obatan hormon yg sudah diresepkan...

12-19 Mei 2016 : Mulai suntik di rumah hormon Gonal F, untuk mematangkan sel-sel telur sampai 7 hari ke depan...

To be continued... Pengambilan Sel Telur
 

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen

Sag deiner Meinung!

Our Partner